Kupu-kupu Diasuh Semut


WASHINGTON, JUMAT - Kalau anak bebek diasuh ayam atau anak kucing diasuh anjing beberapa kali kita dengar. Tapi kupu-kupu diasuh semut mungkin baru kali ini dilaporkan.

Kupu-kupu biru besar Alcon (Maculinea alcon) yang banyak hidup di daratan Eropa dan Asia Utara memiliki cara jitu agar peluang hidup calon keturunanya terjamin. Larvanya dititipkan kepada semut-semut liar yang akan menjadi pengasuhnya hingga dewasa.

Para peneliti di Denmark melaporkan, spesies kupu-kupu tersebut menurunkan larva yang lapisan terluar tubuhnya mengandung zat kimia yang juga dimiliki semut Myrmica rubra. Kupu-kupu tersebut akan meletakkan larva-larvanya di tangkai dan daun Gentian (Gentiana pneumonanthe), jenis tumbuhan semak berbunga biru.

Semut-semut Myrmica yang sering mengunjungi tumbuhan tersebut akan mengenali larva kupu-kupu sebagai kerabatnya dan mengangkutnya ke sarang koloninya. Larva kupu-kupu akan memperoleh asupan makanan yang sama dengan anak-anak semut sampai dewasa dan keluar meninggalkan ’orangtua asuhnya’ itu.

Temuan tersebut dilaporkan tim peneliti yang dipimpin David R. Nash dari Universitas Kopenhagen dalam jurnal Science edisi terbaru, Kamis (3/1). Mereka menambahkan, kupu-kupu Alcon yang tinggal di luar Eropa juga memanfaatkan spesies semut jenis lainnya untuk menitipkan larvanya.

Tidak ada komentar: