Monyet Jantan Juga Suka Jajan

PARIS, KAMIS - Jual diri tidak hanya dilakukan di kalangan manusia karena bangsa monyet juga melakukannya. Monyet jantan juga suka jajan. Perilaku tersebut mungkin memang berakar dari nenek moyang primata.

Monyet makaka jantan, misalnya, diketahui bersedia ’membayar’ untuk dapat kawin lebih sering dengan monyet betina yang disukainya. Imbalan jasa yang ditawarkan kepada monyet betina berupa pelayanan istimewa mengambili kutu di sela-sela rambut.

Transaksi seks di antara monyet tersebut ditemukan Michael Gumert dari Universitas Teknologi Nanyang, Singapura. Ia mempelajari sekawanan monyet makaka berekor panjang yang terdiri dari 50 individu di Kalimantan Tengah selama 20 bulan.

Setiap monyet betina rata-rata melakukan hubungan seksual dengan lawan jenisnya 1,5 kali setiap jam. Namun, kecenderungan ini meningkat menjadi 3,5 kali setiap jam setiap kali monyet betina diberi layanan khusus pencarian kutu oleh monyet jantan. Untuk sekali kawin, monyet jantan harus mencari kutu rata-rata selama 16 menit.

Jual beli seks di antara monyet-monyet tersebut juga dipengaruhi hukum pasar. Jika di sana terdapat beberapa monyet betina, ongkos yang harus dibayar pun menurun. Seekor monyet jantan cukup mencari kutu selama 8 menit untuk bisa kawin dengan betina yang diinginkannya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mahasiswi mana ya? ko suka nyuri Informasi. Ngambil dari www.kompas.com kan?

Heee Kena deh... Ga usah marah...

dika mengatakan...

Mbak gimana nukarin header blognya mbak sehingga bisa jadi foto seperti diatas